top of page

Rekomendasi Software untuk Arsitek versi KLASS Academy

Kak, mahasiswa arsitektur perlu belajar software apa aja sih?

Di era teknologi dan informasi ini, dunia arsitektur berkembang dengan sangat pesat. Tentu sudah menjadi wajib hukumnya untuk mahasiswa arsitektur, arsitektur praktisi, serta pegiat lain di bidang arsitektur dan konstruksi, untuk menguasai perangkat lunak atau software dasar yang digunakan sebagai sarana pertukaran informasi.


Yuk mari kita bahas rekomendasi perangkat lunak atau software apa saja yang dapat #ttemanKlass pelajari, jika kamu ingin menjadi mahasiswa arsitektur atau bergelut di bidang arsitektur dan konstruksi:


1. AutoCAD: Membuat Desain Teknis yang Presisi

AutoCAD adalah pondasi dari desain teknis. Mahasiswa arsitektur perlu memahami AutoCAD untuk membuat gambar teknis yang presisi. AutoCAD sangat banyak digunakan oleh semua profesional dari berbagai disiplin ilmu sejak lama, mulai dari arsitektur, struktur, hingga MEP. Oleh karena itu, walaupun sudah banyak software lain yang bisa menggantikan kinerja software ini, hingga saat ini AutoCAD tetap menjadi bahasa umum yang digunakan sebagai format pertukaran data dan informasi di bidang arsitektur dan konstruksi.


Untuk itu, #temanKlass perlu setidaknya bisa membuat gambar kerja serta membaca gambar kerja yang dibuat dengan software AutoCAD. Tidak perlu khawatir, pelajari AutoCAD dengan cepat bersama KLASS Academy! Yuk, simak apa saja yang akan kamu pelajari di KLASS Autocad yang dapat membantu proses belajar kamu!


2. SketchUp: Mengubah Ide Menjadi Bentuk 3D yang Menarik

Menggunakan SketchUp, kamu dapat mengubah ide menjadi model 3D yang menarik. Sesuai dengan namanya, dengan menggunakan software SketchUp, kamu bisa mengupgrade sketsa kamu secara digital menjadi gubahan bentuk apapun yang kamu inginkan. Fleksibilitas serta banyaknya pengguna software ini membuat SketchUp sangat populer di seluruh dunia. Tidak hanya itu, SketchUp juga dapat digunakan untuk berbagai disiplin ilmu, mulai dari arsitektur, interior, hingga landscape.


Tenang saja, software SketchUp sangat mudah dipelajari bahkan untuk pemula sekalipun! Di KLASS Academy, #temanKlass bisa belajar membuat bangunan sederhana dari 0 hanya dalam 6 jam saja! Yuk, simak apa saja yang akan kita pelajari di KLASS Sketchup!


3. ArchiCAD & Revit: BIM untuk Masa Depan

Building Information Modelling atau BIM adalah representasi digital dari karakteristik fisik dan fungsional suatu bangunan. BIM melampaui gambar 2D tradisional, menggabungkan model 3D, inteligent data, dan banyak informasi lainnya tentang setiap aspek bangunan. ArchiCAD dan Revit adalah perangkat lunak BIM yang sangat kuat. Keduanya memiliki karakteristik dan kelebihan yang berbeda yang dapat kamu simak di sini.


Apapun pilihan software #temanKlass, kemampuan menguasai BIM akan sangat membantumu untuk bersaing di industri arsitektur dan konstruksi. Yuk, segera asah kemampuan BIM mu di KLASS Revit atau KLASS ArchiCAD hanya di KLASS Academy!


4. Adobe Photoshop: Visual dan Presentasi

Di era sosial media ini, fotografi dan photo-editing tentu sudah tidak asing lagi. Dengan software Adobe Photoshop, kamu dapat membuat tampilan visual yang estetis, tak hanya untuk sekedar sosial media saja, tapi juga untuk setiap karya arsitektural mu.


Tidak perlu khawatir, #temanKlass dapat mengasah kemampuan Adobe Photoshop mu di KLASS Academy. Yuk belajar membuat presentasi yang mengesankan dan portofolio yang menonjol hanya di KLASS Photoshop!


5. Rhinoceros + Grasshopper: Eksplorasi bentuk Parametrik

Jika kamu tertarik dengan desain arsitektur yang lebih dinamis dan modern, kamu mungkin akan tertarik dengan Arsitektur Parametrik. Arsitektur parametrik adalah pendekatan desain yang menggunakan perangkat lunak seperti Rhino dan plugin Grasshopper untuk menciptakan model arsitektur yang berbasis algoritma.


Rhino dan Grasshopper memberikan fleksibilitas dan kreativitas kepada arsitek sebagai perancang, untuk menjelajahi bentuk dan fungsi dengan cara yang belum pernah terjadi sebelumnya! Yuk berkenalan dengan software parametrik hanya di KLASS Parametrik.


Nah, kira-kira itulah 5 software dasar yang perlu kamu pelajari untuk menjadi mahasiswa arsitektur atau memulai karir di bidang arsitektur dan konstruksi. Pemahaman mendalam tentang software atau perangkat lunak akan membantu proses pembelajaran #temanKlass dan bahkan membantu kamu untuk memiliki peluang karir yang lebih luas loh!


KLASS Academy hadir untuk membantu #temanKlass mengasah skill digitalisasi dan menguasai perangkat lunak atau software aristektur dengan lebih cepat, efisien, dan terstruktur. Temukan program dan metode belajar yang kamu inginkan hanya di belajardiklass.com.


Sampai jumpa di ruang Klass!

82 views0 comments

Recent Posts

See All

Comentarios


bottom of page